Selasa, 28 Agustus 2012

Zumba Fitness, Trend Olahraga Baru

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membakar lemak di tubuh. Selain berlari di atas treadmill atau bersepeda, ternyata ada tren baru yang jauh lebih menyenangkan: zumba!

Apa itu Zumba?

Zumba berasal dari bahasa Kolumbia, zum-zum, yang artinya “gerak cepat”. Zumba di ciptakan oleh Alberto "Beto" Perez, seorang pelatih fitness asal Kolombia. Zumba, rangkaian gerak dansa yang menyihir banyak orang untuk ikut bergoyang ini merupakan perpaduan tradisi Afrika dan Latin, mulai dari musik, aerobik, sampai gerakan tariannya, seperti salsa, merengue, mambo, cha-cha, cumbia, flamenco, tango, hip hop, rumba, calypso, dan bachata.

Seperti latihan kardio, zumba menimbulkan kontraksi pada otot. Gerakan yang cepat tidak hanya membakar kalori dan lemak, tapi juga menyehatkan jantung. “Target latihannya adalah all core, dengan sasaran pembakaran lemak dan kalori. Seperti dansa, zumba bisa membakar 400-800 kalori, tapi di tingkat mahir, tarian ini bisa membakar lebih dari 1.000 kalori per satu jam,” jelas Jun Ko Agus, instruktur zumba pertama di Indonesia yang baru saja membuka JUNKO N CREW'S Studio di Jl. Kemang Raya No. 7, Jakarta Selatan.

Zumba trend olahraga baru

Zumba memang sedang jadi tren di dunia kebugaran. Saking populernya, zumba diadaptasi ke permainan Nintendo Wii, XBOX, hingga PlayStation. Di Amerika, peminat zumba dance sangat banyak, bahkan mereka rela jadi anggota gym hanya untuk mengikuti kelas zumba dance. Kini, tren zumba sampai ke Indonesia, dan dari hari ke hari makin banyak peminatnya. Gerak pinggul ala hip hop dan beragam tarian latin, juga bermacam lagu yang enak didengar dan pas untuk bergoyang, mampu merilekskan tubuh sekaligus mengeluarkan banyak keringat.

Zumba membuat seluruh tubuh bergoyang, dari kepala hingga kaki. Gaya tariannya yang berfokus pada pundak, perut, dan pinggul, pun membuat tubuh jadi kencang. Zumba makin digilai karena simpel, tak membutuhkan alat apa pun selain pakaian yang dikenakan. Gerakan zumba yang mudah dilakukan dan diikuti juga membuatmu tak perlu punya basic menari untuk ikut olahraga ini.

Olahraga yang itu-itu saja membuat bosan, kehadiran zumba disambut positif, baik oleh para pencinta olahraga maupun tari, tak terkecuali fashionista. Zumba jadi jawaban yang pas karena selain menjanjikan tubuh bugar, zumba sekaligus jadi ajang kumpul dan bersosialisasi. Selain itu, yang unik dari olahraga ini adalah ajang “fashion show”-nya. Dandanan sporty dan modis jadi ciri khas para dancer. Jadi, jangan kaget kalau kamu bertemu sekelompok orang berdandan ala hip hoppers yang menari bersama, itulah mereka yang tergabung dalam klub zumba.

2 komentar:

LR mengatakan...

saran. kalo ada link/posting berupa video/gambar gerak maka akan lebih oke deh.. salam olahraga !

Butik Baju Senam mengatakan...

Salam kenal Sis
senam Zumba awal mulanya dari Negara mna ya? dan di Indonesia mulai mengenal senam Zumba pada tahun berapa ya?
dan mhon infonya ya, jika ada baju senam murah yang berkualitas di daerah Surabaya? trims :)

Posting Komentar

 
Design by Derio Hendrabayu