Rabu, 21 Desember 2011

15 Tips Meningkatkan Stamina

Stamina adalah salah satu hal yang paling penting bagi setiap olahragawan. Begitu juga stamina begitu penting untuk seorang pemain futsal. 
Tingginya tingkat stamina pemain futsal berarti :
    Lamanya kesegaran kaki pemain futsal selama pertandingan
    Lebih punya kesempatan untuk memenangkan pertandingan, karena kemampuan untuk terus bermain dalam tempo tinggi sampai akhir pertandingan
    Kemampuan berpikir yang tajam dan lebih lama di lapangan. Otak bekerja lebih lambat, ketika fisik telah habis
    Jangan lupa tentang kekuatan hati dan sebagai hasil dari kesehatan secara keseluruhan pemain futsal. Akibat dari hail ini kinerja yang lebih baik, moral yang lebih baik dan risiko yang lebih rendah dari cedera
Cara terbaik untuk meningkatkan stamina adalah jogging.
Apa cara yang tepat untuk jogging? 
Berikut adalah 15 tips :
  •     Kenakan pakaian yang nyaman
  •     Dapat mendengarkan beberapa musik aktif yang menginspirasi Anda untuk bertindak
  •     Jogging Yang Baik : joging dimulai dalam periode tidak lebih awal, dari jam 4:00 dan tidak lebih dari  jam  20:00. Ini adalah waktu terbaik bagi jantung Anda. Jika Anda melakukannya dalam periode dari pukul 20:00 sampai 4:00, Anda akan merusak hati Anda, dan ini tidak baik.
  •     Membuat sedikit pemanasan sebelum memulai jogging. Hanya 5-7 dasar latihan  untuk kaki Anda, lengan, bahu, leher, pergelangan tangan dan punggung. Lakukanlah dalam 3-4 menit.
  •     Jangan mulai jogging dengan bentuk tempo tinggi sejak awal
  •     Mulai perlahan-lahan.
  •     Setelah kira-kira 300m lakukan perubahan tempo, dan Anda harus menjaga selama seluruh proses jogging.
  •     Bernafas Dengan Baik - nafas selama 4 langkah dengan hidung dan napas keluar selama 4 langkah dengan mulut Anda. Sistem seperti ini sangat ideal. Tapi jika Anda tidak menguasai hal ini dari awal, berikan waktu untuk Anda belajar hal itu . Sampai napas dengan cara yang lebih cocok untuk Anda.
  •     Memilih cara yang baik ( cerdas ) - terutama jika saat pertama kali Anda jogging dalam jangka waktu yang panjang. Untuk pertama kali joging tidak boleh lama-lama, jagalah tempo rata-rata hanya 30-40 menit. Tidak lebih. Anda harus menyelesaikan jogging setelah itu, jadi pilihlah jarak yang sesuai.
  •     Jika dalam proses jogging Anda akan merasa, bahwa Anda lelah, jangan berhenti! Anda dapat memperlambat tempo Anda selama 3-5 menit sampai minimum, tetapi jangan berhenti. Jika Anda berhenti maka akan lebih sulit bagi Anda untuk memulai lagi jogging, karena nafas Anda akan terputus.
  •     Joging yang aman. Jangan jogging di jalan, jembatan jalan dan jalan tol. Tempat Ideal untuk jogging adalah taman setempat atau hutan. Carilah lingkungan yang tenang. dengan gangguan minimal.
  •     Dalam futsal tempo permainan perubahan sepanjang waktu dari tinggi ke sangat tinggi. Jadi mulai dari joging kedua kalinya Anda, coba variasikan tempo jogging Anda juga. Setelah setiap 90 detik, membuat sprint pendek (20 langkah) pada kecepatan maksimum.
  •     Sprint pada kecepatan maksimum untuk 200 m terakhir joging Anda
  •     Pada akhir dari jogging jangan langsung berhenti. Lakukan perlahan perubahan tempo jogging (saat masih jogging) dan setelah 100m beralih ke berjalan. Terus berjalan selama 100m dan setelah itu Anda dapat berhenti. Dengan cara ini Anda akan membiarkan hati Anda untuk menenangkan diri tanpa menyakitinya.
 
Sumber : futsalico.com ( diterjemahkan bebas oleh Zidanfutsal )

6 komentar:

Yudha Situmorang mengatakan...

nice banget tips nya kk,... selama ini saya lakukan seperti itu, dan nafas saya menjadi panjang, dan tidak terlalu lelah, namun mengapa ya keringat saya banyak keluar, padahal baru sedikit lari ???
mohon solusi nya Email saya kk

jaket one piece mengatakan...

mantapppp tipsnya..

Anonim mengatakan...

i will try ..

ebol mengatakan...

sip infonya gan

Zulfikar Abriansyah mengatakan...

oke gan Thannks Tips nya

Eliza muslim mengatakan...

ok thanks... i will try.... thanks alot

Poskan Komentar

 
Design by Derio Hendrabayu