Selasa, 28 Agustus 2012

Sejarah Skateboard

Skateboard berasal dari California, Amerika Serikat yang terkenal dengan olahraga selancarnya. Konon, para peselancar mencari akal bagaimana mereka bisa tetap bermain seluncur pada saat ombak laut sedang surut.

Maka, pada akhir 1940 hingga awal 1950, diperkenalkanlah permainan skateboard. Skateboard adalah permainan menaiki dan melakukan berbagai trik menggunakan papan skateboard.

Papan skateboard saat pertama kali dikenal, sangat sederhana. Hanya kotak atau sebatang kayu yang dipahat tangan dan diberi ban sepatu roda. Namanya saat itu sidewalk surfing. Karena permainan ini hanya dimainkan ketika ombak surut.

Yang pertama memesan papan skateboard untuk dijual adalah Bill Richard, seorang pemilik toko selancar di California. Perusahaan pembuatnya adalah The Chicago Roller Skate Company.

Di tahun 1963, permainan skateboard mulai terkenal. Perusahaan pembuat papan skateboard yang bermunculan seperti Jack’s, Hobie, dan Mahaka bersaing ketat. Atlet skateboard pun menjadi idola.

Mereka di antaranya Torger Johnson, Woody Woodward, dan Danny Berer. Tapi, permainan mereka beda lho dengan gaya skateboard zaman sekarang. gaya pemain dulu, lebih mirip penari balet dalam beratraksi.

Tak terduga, di tengah kejayaannya. Tiba-tiba skateboard mengalami kemunduran pada 1965. Permainan ini dianggap tak lebih macho daripada permainan hula hop anak perempuan. Perusahaan skateboard banyak gulung tikar. Tapi, masih banyak remaja yang setia memainkannya di kala senggang.
Tahun 1975, skateboard mulai bangkit kembali. Hal ini karena marak diadakan lomba freestyle dan slalom. Salah satu yang terbesar adalah kontes freestyle dan slalom di Del Mar, California. Saat itu, Zephyr team memperkenalkan gaya permainan yang beda sama sekali dari jaman skateboard dulu.

Anggota tim Tony Alva, Jay Adams, dan Stacy Peralta. Mereka melakukan banyak gaya yang tak terbayangkan di atas skateboard mereka. Sontak, permainan ini menjadi lebih macho dan cool di kalangan remaja.

Pada era 1980, pemain skateboard mulai membuat vert ramp atau lahan untuk bermain skateboard. Teknik bermain skateboard baru pun bermunculan. Yang termashyur adalah Alan Gelfand. Ia orang yang pertama kali menemukan teknik ollie di Florida pada 1976.

Ia kini lebih banyak dikenal dengan sebutan Alan “Ollie” Gelfand. Teknik Ollie sendiri adalah memainkan skateboard tanpa memegang papan skateboard seperti sedang terbang.

Berskateboard pun kini tidak hanya di lahan skateboard tapi merambah ke taman kota, trotoar, pusat perbelanjaan seperti mal pun menjadi pilihan bermain. Teknologi papan skate juga berkembang lebih modern dan lebih enak dipakai.

Lebar papan adalah 8 inci dengan panjang 30 sampai 32 inci dengan ban yang terbuat dari polyurethane. Desain pun lebih menarik dan bervariasi. Skateboard merambah seluruh dunia termasuk Indonesia.

sumber : http://zheyfive.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Derio Hendrabayu