Jumat, 10 Agustus 2012

Tips Olahraga Ringan Selama Bulan Puasa


Tidak mendapatkan asupan makanan selama sekitar 14 jam, tentu bisa membuat badan menjadi letih dan lemah. Namun, hal itu bukan menjadi alasan bagi anda untuk meninggalkan aktivitas berolahraga. Terlebih olahraga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan. Namun, perlu cara olehraga khusus menyesuaikan dengan ibadah puasa anda. Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan berolahraga selama berpuasa.

Olahraga ringan

Sesuaikan beban aktivitas olahraga dengan kondisi tubuh yang sedang berpuasa. Sebaiknya lakukan olahraga ringan semisal jogging. Anda pun tak perlu meluangkan waktu khusus jika bisa menyiasati aktivitas di bulan puasa. Jogging bisa dilakukan sambil anda ngabuburit atau mencari rute yang lebih panjang untuk menuju ke masjid saat menjelang salat tarwaih. Oleh karena itu, sebaiknya minimalkan mengendarai kendaraan bermotor, alangkah lebih baik gunakan sepeda kayuh atau berjalan kaki. Tentu hal itu akan menjadikan aktivitas olahraga yang menyenangkan disela reakreasi ngabuburit anda.

Pilih waktu yang tepat


Waktu yang tepat untuk berolahraga ringan yakni satu jam menjelang berbuka puasa. Dengan demikian, anda tak perlu menunggu lama untuk mengganti energi yang dikeluarkan selama berolahraga. Tak perlu memaksakan untuk berolahraga lebih awal lantaran dikhawatirkan mengalami kelelahan hebat dan dehidrasi.

Gunakan pola teratur

Gunakan pola gerakan teratur saat mengerjakan pekerjaan rumah semisal menyapu lantai atau mencuci piring. Sesekali lakukan peregangan lengan, jari disela aktivitas itu. Dengan demikian, anda dapat memeroleh manfaat lain dari rutinitas pekerjaan rumah yang biasa dilakukan.

Gunakan pola olahraga yang benar


Biasakan lakukan pendinginan setelah melaksanakan olahraga, sehingga tubuh bisa menyesuaikan dengan kondisi setelah olahraga.

source : http://jogja.tribunnews.com/2012/08/05/tips-olahraga-ringan-selama-puasa

1 komentar:

jauharotul maknunah mengatakan...

Salam kenal, agan.. Info menarik nih, ohya,,
numpang nanya nih.. Ada g jenis olahraga tertentu yang ringan dan bisa menghilangkan stres? Ada ju ga ya pakaian khusus baju senamyang bagus untuk olahraga tersebut...
-Thanks-

Posting Komentar

 
Design by Derio Hendrabayu