Kamis, 13 November 2014

Jenis / Tipe Ban Pada balapan MotoGP dan World Superbikes

Mungkin sebagian kalangan masyarakat pecinta MotoGP dan World Superbikes sudah mengetahui akan keberadaan dan jenis ban yang digunakan pada saat balapan. Tapi apakah mereka mengetahui akan fungsi-fungsi dari ban tersebut.

Ada 2 tipe ban yang digunakan di balapan MotoGP dan WSBK yakni Slick atau ban kering dan Semi Slick atau ban basah. Ban yang digunakan untuk balapan MotoGP jika dalam kondisi lintasan kering adalah ban tipe Slick yang dibagi dengan 3 jenis yaitu Kompon keras(High), sedang(Medium) atau Lembut(Soft).

Dari ketiga ban jenis Slick itu mempunyai fungsi tersendiri, tergantung dengan cuaca, suhu aspal pada lintasan atau trek serta tergantung kemauan sang pembalap. Ban Slick khusus digunakan pada saat lintasan atau trek itu dalam keadaan kering bukan dalam keadaan lintasan basah akibat hujan. Tetapi jika hujan tidak begitu deras dan kemudian kering penggunaan ban slick akan kembali menjadi efektif.

Sebaliknya juga begitu dengan ban Semi Slick atau ban basah. Ban basah ini dibuat untuk menciptakan panas di kala lintasan terkena guyuran hujan. Jika lintasan mengering, ban cenderung overheat atau meleleh karena kompon ban basah ini sangat berbeda dengan ban lainnya.

Wet Tyres atau Ban basah
 ban, ban motogp, slick, semi slick, wet tyres, bridgestone, motogp, wsbk, fungsi ban balap
ban, motogp 2012, ban motogp, ban motogp, FIM, motogp, bridgestone,

sumber : http://motor.sportku.com/

2 komentar:

doni mengatakan...

terimakasih infonya,,
sangat menarik dan bermanfaat,,

Dewanstudio 001 mengatakan...

Jenis ban dunlop apakah cocok untuk di pakai balapan ?

Posting Komentar

 
Design by Derio Hendrabayu