Kamis, 18 Agustus 2011

Induk Olahraga

Induk Olahraga
Bila berbicara mengenai olahraga, maka kita menyadari bahwa ada bermacam-macam cabang olahraga yang bisa kita pilih dan berkomitmen untuk menekuninya. Ada olahraga modern yang cara dan aturannya akan berbeda dengan olahraga tradisional yang masih minim baik dari tata cara bermain dan aturan-aturannya.

Ada olahraga yang dirancang dan dilakukan untuk melatih kondisi fisik atau otot para pelakunya, ada pula yang dibuat untuk menstimulasi kesegaran rohani /psikis dan merangsang kerja otak. Maka perlu kita ketahui beberapa macam olahraga yang ada.

1. Berdasarkan Masa.
Olahraga modern
Dalam lingkup ini, olahraga yang dimaksud modern adalah olahraga yang telah resmi, baik secara aturan permainan dan alat yang digunakan bermain di seluruh negara. Dan secara internasional, cabang-cabang olahraga modern ini tidak bisa diubah salah satu atributnya tanpa perubahan dari induk-induk organisasi olahraga dunia terkait.
Beberapa cabang olahraga modern itu misalnya:
  • Anggar.
  • Angkat besi.
  • Bulutangkis.
  • CaturGolf.
  • Loncat indah.
  • Menembak.
  • Sepak bola.
  • TenisTinju, dll
Olahraga Tradisional.
Sejauh ini hanya di Indonesia yang mengenalkan jenis olahraga tradisional kepada publik dalam negeri. Yang dimaksud tradisional adalah jenis olahraga yang timbul berdasar permainan dari masing-masing suku dan etnis yang ada di Indonesia. Dan cabang-cabang ini tidak semuanya dilombakan baik secara nasional maupun internasional.
Adapun cabang-cabang di dalamnya adalah:

  • Sepak takraw
  • Pencak silat
  • Karapan sapi
  • Egrang,dll
2. Berdasarkan Organ Tubuh.
Olahraga Fisik/Otot.
Sesuai dengan porsi dan latihan yang dilakukan, olahraga fisik atau otot ini lebih menitikberatkan pada ketahanan fisik dan kekuatan otot pelaku dimana sebelumnya mereka telah berlatih membentuk ketahanan dan kekuatan tubuh di masing-masing cabang olahraga ini.
Banyak contoh dari olahraga ini yang banyak digemari, salah satunya binaraga. Dimana pelaku diharuskan berkelanjutan mempekuat otot dengan kombinasi olahraga angkat besi, lari, dan diimbangi dengan makanan bernutrisi.
Namun secara umum, olahraga jenis ini tentu saja akan menguras banyak tenaga. Tapi tidak diperbolehkan penggunaan obat bantu untuk menambah ketahanan. Karena pengkonsumsian obat tersebut sama saja dengan pemforsiran fungsi kerja tubuh.

Olahraga Psikis.
Sejak awal, cabang-cabang olahraga psikis atau olahraga otak ini mengindikasikan latihan untuk memperbagus fungsi kerja otak. Baik dari segi berpikir strategi maupun tingkat kesabaran pemain. Cukup sedikit cabang olahraga otak ini. Beberapa yang terkenal adalah catur yang banyak diminati karena pola permainannya yang mangandalkan pemilihan strategi menyerang dan bertahan juga melatih kesabaran pemain. Ada pula memancing yang menstimulasi tingkat kesabaran juga adrenalin para peminatnya.

Setelah Anda mengetahui bahwa ada bermacam-macam cabang olahraga baik secara nasional dan internasional, tidak ada salahnya Anda sedikit mempelajari beberapa induk-induk organisasi keolahragaan yang mengatur regulasi permainan dan hal-hal yang berhubungan dengan cabang olahraga tertentu.

Sumber: http://duniaolahraga.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Derio Hendrabayu