Sejarah dan rute
Perlombaan berasal pada tahun 1978, setahun setelah pembalap Thierry Sabine tersesat di padang pasir dan memutuskan bahwa itu akan menjadi lokasi yang baik untuk reli biasa. Awalnya, reli itu dari Paris , Prancis, untuk Dakar , Senegal, terganggu oleh transfer di Mediterania. Namun, karena politik dan faktor-faktor lain, tentu saja, termasuk asal dan tujuan, telah bervariasi selama bertahun-tahun. Dakar telah menjadi kota tujuan pada semua namun empat kali selama periode rally diselenggarakan di Afrika (yaitu, sebelum 2009). Rally dimulai di Paris setiap tahun sampai 1995. Pada tahun 1994 reli kedua dimulai dan berakhir di Paris, namun karena keluhan oleh walikota, menyelesaikan harus dipindahkan dari Champs-Élysées ke Euro Disney . Hal ini juga menyebabkan organisasi untuk lay out reli melalui lokasi yang berbeda di tahun berikutnya.
Perlombaan berasal pada tahun 1978, setahun setelah pembalap Thierry Sabine tersesat di padang pasir dan memutuskan bahwa itu akan menjadi lokasi yang baik untuk reli biasa. Awalnya, reli itu dari Paris , Prancis, untuk Dakar , Senegal, terganggu oleh transfer di Mediterania. Namun, karena politik dan faktor-faktor lain, tentu saja, termasuk asal dan tujuan, telah bervariasi selama bertahun-tahun. Dakar telah menjadi kota tujuan pada semua namun empat kali selama periode rally diselenggarakan di Afrika (yaitu, sebelum 2009). Rally dimulai di Paris setiap tahun sampai 1995. Pada tahun 1994 reli kedua dimulai dan berakhir di Paris, namun karena keluhan oleh walikota, menyelesaikan harus dipindahkan dari Champs-Élysées ke Euro Disney . Hal ini juga menyebabkan organisasi untuk lay out reli melalui lokasi yang berbeda di tahun berikutnya.
Daftar lengkap rute
- 1979-1980: Paris-Dakar
- 1981-1988: Paris- Algiers -Dakar
- 1989: Paris- Tunis -Dakar
- 1990-1991: Paris- Tripoli -Dakar
- 1992: Paris- Cape Town
- 1993: Paris-Dakar
- 1994: Paris-Dakar-Paris
- 1995-1996: Granada -Dakar
- 1997: Dakar- Agadez -Dakar
- 1998: Paris-Granada-Dakar
- 1999: Granada -Dakar
- 2000: Dakar- Kairo
- 2001: Paris-Dakar
- 2002: Arras - Madrid -Dakar
- 2003: Marseille - Sharm el-Sheikh
- 2004: Clermont-Ferrand -Dakar
- 2005: Barcelona -Dakar
- 2006-2008: Lisbon -Dakar [4]
- 2009: Buenos Aires - Valparaíso -Buenos Aires
- 2010: Buenos Aires- Antofagasta -Buenos Aires
- 2011: Buenos Aires- Arica -Buenos Aires
- 2012: Mar del Plata - Copiapo - Lima
Sampai 2008 serangan teroris, demonstrasi yang lebih baru melewati Maroko, Sahara Barat dan masuk ke padang rumput dan padang pasir Mauritania. Segmen berjalan melalui Atar dan bukit pasir dan lembah dari Mauritania Daerah Adrar mungkin yang paling menantang di semua balap off-road . Itu adalah serangan teroris yang Mauritania menyebabkan runtuhnya Dakar klasik.
Pada tahun 1992, Hubert Auriol memenangkan Dakar di mobil setelah sebelumnya memenangkan sepeda motor kompetisi dua kali, membuatnya pembalap pertama yang menang di kedua dua dan empat roda. Kemudian, Stéphane Peterhansel berhasil melakukan hal yang sama. Pada tahun 2001, Jutta Kleinschmidt adalah wanita pertama yang memenangkan Dakar, mengendarai Mitsubishi Pajero / Montero, co-mengemudi dengan sesama Jerman Andreas Schulz.
Para Reli Dakar 2008 dibatalkan pada tanggal 4 Januari 2008 di tengah kekhawatiran serangan teroris. Hal ini menyebabkan keraguan serius atas masa depan reli. Berbagai surat kabar di Afrika disebut pembatalan sebuah "hukuman mati" untuk lomba. Chile dan Argentina, di Amerika Selatan, menawarkan wilayah mereka menjadi tuan rumah acara, serta Republik Ceko.ASO akhirnya memutuskan untuk mendirikan Seri Dakar kompetisi, yang pertama acara adalah 2008 Eropa Tengah Rally (Hungaria-Rumania), antara April 20 dan 26 April 2008. Acara 2009 diselenggarakan di kedua negara Amerika Selatan, antara Januari 3 dan 18 Januari 2009. Kompetisi telah tinggal di Amerika Selatan dari 2009 hingga sekarang (2011)
Kendaraan dan kelas
Tiga kelompok kompetitif utama di Dakar adalah sepeda (moto) kelas (termasuk quadbikes sub-kelas), yang mobil kelas, (yang berkisar dari kereta ke kecil SUV ), dan T4 truk kelas. Banyak produsen kendaraan mengeksploitasi lingkungan yang keras reli menawarkan sebagai ajang pengujian, dan akibatnya untuk menunjukkan daya tahan kendaraan mereka, meskipun sebagian besar kendaraan banyak dimodifikasi atau tujuan dibangun.
Moto kelas
Moto Kelas dibagi antara tiga kelompok.
Mobil kelas-T1, T2 dan Buka
Stéphane Peterhansel di Dakar 2011. Ia memenangkan 9 kali Dakar.
Kelas mobil terdiri dari kendaraan berat kurang dari 3.500 kg (£ 7.716) dan dibagi menjadi beberapa kategori. Grup T1 terdiri dari Kendaraan Cross Country dan Peningkatan Grup T2 terdiri dari kendaraan Produksi Negara Seri Cross.Kelas Terbuka menerima berat badan-kualifikasi kendaraan seperti SCORE Internasional truk.
Pada tahun 1992, Hubert Auriol memenangkan Dakar di mobil setelah sebelumnya memenangkan sepeda motor kompetisi dua kali, membuatnya pembalap pertama yang menang di kedua dua dan empat roda. Kemudian, Stéphane Peterhansel berhasil melakukan hal yang sama. Pada tahun 2001, Jutta Kleinschmidt adalah wanita pertama yang memenangkan Dakar, mengendarai Mitsubishi Pajero / Montero, co-mengemudi dengan sesama Jerman Andreas Schulz.
Para Reli Dakar 2008 dibatalkan pada tanggal 4 Januari 2008 di tengah kekhawatiran serangan teroris. Hal ini menyebabkan keraguan serius atas masa depan reli. Berbagai surat kabar di Afrika disebut pembatalan sebuah "hukuman mati" untuk lomba. Chile dan Argentina, di Amerika Selatan, menawarkan wilayah mereka menjadi tuan rumah acara, serta Republik Ceko.ASO akhirnya memutuskan untuk mendirikan Seri Dakar kompetisi, yang pertama acara adalah 2008 Eropa Tengah Rally (Hungaria-Rumania), antara April 20 dan 26 April 2008. Acara 2009 diselenggarakan di kedua negara Amerika Selatan, antara Januari 3 dan 18 Januari 2009. Kompetisi telah tinggal di Amerika Selatan dari 2009 hingga sekarang (2011)
Kendaraan dan kelas
Tiga kelompok kompetitif utama di Dakar adalah sepeda (moto) kelas (termasuk quadbikes sub-kelas), yang mobil kelas, (yang berkisar dari kereta ke kecil SUV ), dan T4 truk kelas. Banyak produsen kendaraan mengeksploitasi lingkungan yang keras reli menawarkan sebagai ajang pengujian, dan akibatnya untuk menunjukkan daya tahan kendaraan mereka, meskipun sebagian besar kendaraan banyak dimodifikasi atau tujuan dibangun.
Moto kelas
Moto Kelas dibagi antara tiga kelompok.
- Kelompok 1 adalah Marathon, yang hampir tidak dimodifikasi sepeda motor produksi, dibagi antara mesin lebih besar dan kurang dari 451 cc (28 cu in ).
- Kelompok 2 adalah Super-Produksi sepeda, yang lebih substansial dimodifikasi dari sepeda Marathon, dibagi antara mesin lebih besar dan kurang dari 451 cc.
- Kelompok 3 untuk paha depan, dibagi antara mesin lebih besar dan kurang dari 500 cc.
Mobil kelas-T1, T2 dan Buka
Stéphane Peterhansel di Dakar 2011. Ia memenangkan 9 kali Dakar.
Kelas mobil terdiri dari kendaraan berat kurang dari 3.500 kg (£ 7.716) dan dibagi menjadi beberapa kategori. Grup T1 terdiri dari Kendaraan Cross Country dan Peningkatan Grup T2 terdiri dari kendaraan Produksi Negara Seri Cross.Kelas Terbuka menerima berat badan-kualifikasi kendaraan seperti SCORE Internasional truk.
Sumber: wikipedia.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar