Jumat, 30 September 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PJOK kls 1-6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  1 ( satu )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   I ( Satu )
Alokasi Waktu
:   2  x 35 Menit


Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 1.1    Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
A.    Tujuan Pembelajaran**:
Siswa dapat melakukan gerak dasar lokomotor ( NK. Disiplin :  Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan )
Karakter siswa yang diharapkan :
·   Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

& Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Berorientasi tugas dan hasil
·   Berani mengambil resiko
·   Percaya diri
·   Keorisinilan
·   Berorientasi ke masa depan

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·          Gerak dasar lokomotor
       Gerak dasar dalam berpindah tempat contoh, jalan, lari, dan lompat
B.                 Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek
Sumber:  Azzahra


Klik DISINI

Kamis, 29 September 2011

Raket Tenis

Permainan tennis tentu saja tidak bisa dimainkan tanpa adanya raket tenis. Terdapat bermacam-macam raket tenis yang ada di pasaran saat ini. Bagi anda yang sedang akan bermain tenis atau yang ingin membeli raket tenis. Mungkin tulisan yang akan saya angkat ini bisa bermanfaat bagi anda.
Secara garis besar terdapat 3 jenis raket berdasarkan luas kepalanya, yaitu
Mid size : 85-90 sq.inch,Mid-plus : 95-105 sq.inch, Oversize : 110-135 sq.inch
Ketiga ukuran di atas sedikit banyak berpengaruh pada tipe dan tingkat permainan dari seorang petenis.
Ukuran kepala raket umumnya berbanding lurus dengan power yang akan dihasilkannya. Raket-raket dengan ukuran kepala yang besar (Oversize) biasanya memproduksi power/ tenaga yang besar dan apabila anda memegang raket jenis ini maka umumnya akan terasa lebih berat di kepala raket (head heavy/ berat depan). Raket dengan ukuran kepala yang kecil (Mid size) umumnya memiliki power yang kecil dan keseimbangan raket ini akan terasa lebih berat di gagang raket (head light/ berat belakang). Sedangkan raket midplus berada di antaranya dengan berat yang seimbang.

Raket oversize umum nya di pakai bagi para pemula atau pemain rekreasional yang menginginkan raket dengan power yang besar sehingga tidak memerlukan ayunan yang penuh untuk dapat memukul bola melewati net. Raket midsize umumnya dipakai oleh pemain tingkat lanjut yang dapat memukul bola dengan ayunan yang penuh sehingga membutuhkan raket dengan power yang kecil agar pukulan lebih terkontrol. Sedangkan raket midplus umumnya dipakai oleh pemain yang telah dapat memukul bola dengan ayunan yang penuh namun menginginkan power yang lebih besar dari midsize contohnya untuk seorang pemain baseliner.

Spesifikasi mengenai raket biasanya tertera pada leher raket. Beberapa hal mengenai raket tenis yang patut anda ketahui adalah:

     Raket mid size umumnya lebih berat daripada raket oversize.

    Racket Stiffness
adalah fleksibilitas dari rangka sebuah raket dalam memukul bola. Raket yang lebih stiff akan membiaskan rangka raket lebih kecil daripada raket yang memiliki stiffness rendah. Jadi raket dengan stiffness yang rendah akan kurang bertenaga daripada yang tinggi karena raket ini lebih fleksibel sehingga menyerap energi dari bola lebih besar.

    String Pattern
/ susunan senar berpengaruh juga pada power dari raket. Susunan senar yang jarang akan memproduksi tenaga yang lebih besar daripada senar yang memiliki susunan yang rapat karena susunan senar yang jarang akan memantulkan senar lebih kuat daripada yang rapat dan dapat menghasilkan pukulan spin dengan baik.

    Panjang raket yang ada di pasaran saat ini berkisar antara 27-29 inchi. Raket yang lebih panjang dipercaya dapat memberikan jangkauan yang lebih baik dengan power ekstra dan dapat memproduksi spin dengan baik. Namun kebanyakan pemain yang saya kenal agak canggung ketika memakai raket yang lebih panjang mungkin lebih disebabkan karena belum terbiasa.

    Grip Size/
Ukuran grip yang tersedia saat ini berkisar antara 4-4 5/8 inchi. Disarankan bagi anda untuk membeli raket dengan grip yang lebih kecil sedikit dari ukuran tangan anda sehingga anda dapat melilitnya dengan overgrip hingga grip anda dirasa paling pas.

    Sedikit tentang memasang senar, senar dengan tarikan yang lebih rendah akan lebih Bertenaga daripada raket dengan tarikan tinggi. Bila anda ingin pukulan anda lebih terkontrol, maka anda dapat menyenarnya dengan tarikan yang tinggi. Umumnya raket dilengkapi dengan data recommended string tension (tarikan senar yang direkomendasikan) dan biasanya terdapat kisaran tegangan yang direkomendasikan dalam satuan lbs. Anda dapat menyenar raket dalam kisaran tersebut. Perlu diingat juga dalam menyenar raket, alat penyenar raket yang mekanis (memakai mesin) akan menghasilkan tegangan yang lebih besar setidaknya 5 lbs. Sehingga apabila anda ingin menyenar sebesar 55 lbs, maka anda meminta raket disenar dengan tegangan 50 lbs menurut mesin penyenar.

TIPS MEMILIH RAKET TENIS
Saat memilih raket, pikirkan mana yang kamu butuhkan. Raket yang menambah power kamu atau menambah control atau justru kedua-duanya.

Pemula : Kalau kamu termasuk pemula, kamu sebaiknya bermain dengan raket yang cukup ringan sehingga mudah mengayunkannya dan cukup punya power.
Saran : Pilih raket dengan berat antara 9 dan 10 ons, punya ukuran kepala sebesar setidaknya 100 inci kuadrat (karena akan memberikanmu kekuatan dan meningkatakn peluang raket mengenai bola) dengan ketebalan tiang setidaknya 25 millimeter.

Advance : Kalau kamu termasuk golongan kedua dan bisa mengembangkan permainan di lapangan, beda ceritanya. Yang kamu butuhkan adalah raket yang bisa mengontrol permainan.
Saran : Pilih raket dengan berat lebih dari 10.5 ons dan punya kepala yang lebih kecil serta ketebalan yang lebih tipis dari raket untuk pemula.

Sumber: prasso.wordpress.com
              tenislapang.lk.ipb.ac.id

Raket Bulutangkis

Raket dengan teknologi yang dimiliki kerap menjadi faktor penting atlet bulutangkis. Teknologinya pun berkembang signifikan, dari semula menggunakan bahan material kayu hingga raket yang dikenal sekarang sudah menggunakan bahan aluminium atau titanium, dengan pertimbangan bahwa bahan aluminium lebih ringan hingga bisa memaksimalkan teknik pukulan.
Awalnya, pada zaman pertengahan, di Inggris dikenal sebuah permainan yang menggunakan shuttlecock dengan pemukul berupa dayung atau tongkat yang kala itu disebut battledores. Dayung atau tongkat tersebut digunakan untuk memulul shuttlecock dan menjaga agar tetap di udara serta mencegahnya menyentuh tanah.

Perkembangan pemukul yang belakangan dikenal dengan nama raket ini terbilang pesat, pada awalnya secara tradisional raket dibuat dari bahan kayu. Pemilihan bahan berikutnya adalah aluminium atau logam ringan lainnya. Kini hampir semua raket bulutangkis professional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun sejumlahmodel rendahan alias bukan merk ternama, masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.

Komponen yang tidak lepas dari raket adalah senar. Senar menjadi salah satu bagian yang paling diperhatikan dalam bulutangkis. Jenis senar berbeda dan memiliki dan memiki cirri-ciri yang berlainan pula terhadap efek pantulan kok. Keawetan senar secara umum juga bervariasi tergantung intensitas pemakaian. Kebanyakan senar memiliki ketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. Pemilhan senar raket ini tergantung kepada kapasitas pemain. Tentunya akan berbeda antara pemain amatir dengan yang sudah professional.

Sebagai panduan memilih raket, berikut adalah paparan ringkas spesifikasi dan istilah untuk raket bulutangkis standar. Spesifikasi berikut memang bukan patokan Standar Internasional, hanya sebagai pedoman umum saja.

1. Kelenturan Gagang (Stiffness of Shaft)
a. Medium (Fleksibel)
Pemindahan sebagian tenaga yang berpusat pada pergelangan tangan. Pemusatan energi untuk tungkai yang fleksibel saat raket diayun memberikan daya tolak lebih besar saat shuttlecock menyentuh raket. Jenis ini sangat baik untuk pertahanan (defensive) atau untuk mengontrol gaya permainan lainnya.

b. Stiff (Limited Flexibility)
Pemindahan tenaga yang memungkinkan dari pergelangan tangan. Tangkai jenis ini sangat dianjurkan untuk teknik permainan bertahan (defensive). Maupn permainan serangan (offensive).

c. Extra Stiff (Minimum Flexibility)
Pemindahan tenaga secara maksimum yang berpusat pada pergelangan tangan. Gerakan tangkai raket yang minimalis memberikan ketepatan yang lebih baik atas penempatan shuttlecock. Raket dengan tangkai jenis ini sangat ideal untuk teknik permainan serangan (offensive) seperti smashing, net kill dan sebagainya.

2. Bentuk Frame Raket
a. Conventional - Berbentuk Oval Standar.
b. Isometric - Berbentuk cenderung persegi (Square Head Share).

3. Komposisi Frame
a. Basis Material
- AluminiumHi
- Modulus Graphite
- Super Hi-Modulus Graphite
- Ultra Hi-Modulus Graphite
- Nano Carbon

b. Mesh
- Woven Kevlar
- Titanium Composite (Utility Titanium)
- Ultra Titanium
- GForceTi
- UltimumTi

4. Shaft Composition (Komposisi Gagang)
a. Bahan Baku
- Aluminium
- Hi-Modulus Graphite
- Super Hi-Modulus Graphite
- Ultra Hi-Modulus Graphite
- Nano Carbon

b. Mesh (join gagang dengan frame)
- Titanium Composite (Utility Titanium)
- Ultra Titanium
- UltimumTi

5. Bobot Raket
a. 2U (90-94g)
b. 3U (85-89g)
c. 4U (80-84g)

6. Panjang Total (frame tip – handle end)
a. Standard (665mm / 26.0 inches)
b. Long (675mm / 26.5 inches).

7. Ukuran Grip
a. Hi-Qua G2 – 3.25 inches, Tactic / Yonex G2 – 4.00 inches
b. Hi-Qua G3 – 3.50 inches, Tactic / Yonex G3 – 3.75 inches
c. Hi-Qua G4 – 3.75 inches, Tactic / Yonex G4 – 3.50 inches
d. Hi-Qua G5 – 4.00 inches, Tactic / Yonex G5 – 3.25 inches

8. Toleransi Tegangan Senar
a. Aluminium & Hi-Modulus Graphite Frames
- Main 18-20lbs (8-9kg)
- Cross 20-22lbs (9-10kg).

b. Super & Ultra Hi-modulus Graphite Frames
- Main 18-24lbs (8-11kg)
- Cross 20-26lbs (9-12kg).

9. Titik Keseimbangan dari Ujung Grip
a. 270-280mm = Head Light (Defensive)
b. 275-285mm = Neutral (All Round)
c. 285-295mm = Head Heavy (Offensive)
d. 295-300mm = Extra Head Heavy (Offensive)

Meski bukan patokan khusus, bagi para peminat bulutangkis, mungkin sudah saatnya memilih raket yang sesuai dengan kapasitas permainan masing-masing. Karena tiap pemain memiliki kemampuan berbeda. Jadi jangan salah pilih raket, percuma punya raket canggih dengan kualitas teknologi terbaru kalau ternyata tidak sesuai.

Tips cara pilih raket untuk seorang atlit bulutangkis

A. Gaya main/ Type Pemakai, yaitu memilih Raket disesuaikan dengan Type Pemakai apakah Type Penyerang, Bertahan / Kontrol atau Type keduanya sama baik.
  • Untuk Type Bertahan dan Kontrol bisa di pakai raket yg tidak begitu berat yaitu jenis 4U atau 3U dengan titik keseimbangan dari ujung Grip 270-285 dan fleksibilitas raket medium atau Flexibel . misal Yonex type NS9000S, AT9000T, MP21/MP18.
  • Untuk Type Penyerang /Smash Raket dipilih yg agak berat yaitu jenis 3U atau 2U dengan titik keseimbangan 285-300 dan fleksibilitas raket Extra Stiff atau Stiff misal Yonex type AT900P, MP99, Carnonex21.
  • Untuk Type Bertahan dan Menyerang sama baik bisa dipilih Raket jenis 3U, Titik keseimbangan 275-285 dan Fleksibiltas Medium misal Yonex type : Ti-10, NS7700, NS5000, AT700, AT300, AT150, MP45, MP29LIGHT, CARBONEX (8600Ti, 7000DF) 
Pemilihan jenis raket tsb tidak harus seperti diatas karena bisa jadi setiap pemain memliki kecocokan jenis tersendiri.

B. Mencoba langsung Berbagai Jenis Raket dan dicoba dengan berbagai jenis pukulan, jika Cocok Pilih raket tersebut. Catat untuk dipilih Bahan , Merk dan Type Raket , Jenis dan tarikan senar . Jika raket sudah tidak diproduksi lagi Raket bisa dibeli dengan melihat spesifikasi Raket yang sama dengan spesifikasi dibawah :

Spesifikasi Raket (Yonex) dapat dibedakan menurut :
  • Fleksibilitas Raket : Extra Stiff (kaku), Stiff, Medium, Extra Flexible dan Flexible.
  • Berat Raket : 2U (90-94g) ; 3U (85-89g) ; 4U (80-84g)
  • Ukuran Grip : G2 (4″) , G3(3.75″), G4(3.5″), G5(3.35″)
  • Titik Keseimbangan (Dari Ujung Grip) : 270-280 : Head Light (Defensive), 275-285 : Neutral (All Round), 285-295 ; Head Heavy (Offensive) 295-300 Extra Head Heavy (Offensive)
  •  Bentuk Raket : Conventional ( Oval Biasa ) dan Isometric ( Oval dengan bagian atas mendatar)
  •  Panjang Total : 26 ” Standard dan 26.5″ Long
  •  Bahan Raket : Alumunium, Modulus Graphite, Super Hi Modulus Graphite, Ultra Hi Modulus Graphite, Nano Carbon, Woven Kevlar, Titanium Composite, Ultra Titanium, G Force Ti, Ultimum Ti.
  •  Memilih ukuran Grip atau pegangan Raket. yg disesuaikan dengan Gengaman Tangan. Umumnya Orang suka dengan Grip yang agak kecil (G5) karena Raket mudah dikontrol. tapi ada juga yang suka Grip besar G3 atau G2.

D. Fisik Raket sempurna tidak cacat/ retak dan Raket bila disentil tanpa senar berbunyi nyaring stainless . Ini berhubungan dengan bahan raket semakin kuat dan Stabil semakin mahal. Bahan Raket dapat dipilih dengan melihat spesifikasi Bahan diatas.

E. Jika memilih Raket Bermerk Terkenal , Pastikan yg dibeli adalah Asli dan dibeli ditempat yg bisa menjamin keaslian Barang (Biasanya Raket Asli ada di Katalog dan Pejual punya Sertifikat dari Sunrise). Daftar Raket yg ada di Katalog Yonex 2007 ada DISINI . Jika memilih Merk tidak terkenal / palsu pastikan bahwa Raket tidak berubah bentuk saat disenar dengan tarikan maksimal 28-30 lbs.

F. Jangan Lupa Pilih Senar yang Baik dan tarikan senar yang Pas . Senar dapat dipilih berdasarkan : Ketahanan senar , Pantulan, Kontrol dan Peredam Getaran.

Untuk Ketahanan : Yonex BG65, BG 70Pro, BG65Ti Pantulan : NBG95,BG 80, BG66 sharp,BG65Ti, Kontrol : BG66, BG68Ti, BG85. Peredam Getaran : NBG 95, BG80

- Untuk yg suka smash : BG65Ti, NBG95, BG80, BG66sharp

-Untuk yg suka Kontrol : BG66, BG68Ti, BG85

Untuk Tarikan Senar, Jika Alat standard Yonex sesuaikan dengan Cara Tarik dan spesifikasi Senar. jika alat tidak standard, Senar bisa ditarik antara 24-28lbs.

G. Untuk anak-anak diatas 9 tahun bisa menggunakan raket biasa seperti yang dipakai orang dewasa hanya dicari yang tidak terlalu berat. Jika dipakai untuk latihan bisa menggunakan raket yang agak berat (2U atau lebih) untuk melatih pergelangan tangan atau otot tangan. Untuk anak-anak dibawah 8 tahun bisa pakai raket khusus anak dimana fisik raket agak pendek dibandingkan raket dewasa misalnya type Yonex Isometric 20Jr

Sumber: fath102.wordpress.com
              bulutangkis.com

Mengenali dan mencegah Cedera Lutut / Knee Injury

Ketika anda berolahraga, cedera lutut dapat membuat anda berhenti beraktivitas.
Fisioterapis mendukung pemulihan dan treatment untuk mempercepat proses penyembuhan dan membuat anda kembali aktif setelah mengalami cedera lutut atau operasi.

TIPE CEDERA LUTUT
Cedera akut : hasil dari trauma / benturan yang mendadak, seperti jatuh tiba-tiba, collision atau sendi lutut terpuntir.
Cedera overuse : hasil dari aktivitas yang berlangsung lama atau overload, seperti berlari, meloncat, bersepeda, dll. Hal ini dimulai secara tiba-tiba dan biasanya berhubungan dengan berbagai faktor seperti struktural atau masalah biomekanik, metode latihan, alas kaki, teknik atau gaya berlari.

CEDERA AKUT 
Ligamen dan kartilago lutut mungkin saja cedera.
Ligamen sprain : ligamen membuat sendi menjadi stabil atau menguatkan persendian. Over-stretch (terulur berlebihan) dapat menyebabkan kerobekan pada jaringan ligamen, sehingga timbul nyeri, pembengkakan, serta keterbatasan gerak dan sendi tidak stabil.
Kerobekan cartilago : kartilago lutut (meniskus) juga mendukung stabilitas sendi lutut. Seringkali terjadi cedera pada saat melakukan aktivitas yang menumpu berat badan yang melibatkan gerakan memuntir (twisting and turning). Kerobekan kartilago menyebabkan nyeri, pembengkakan, dan keterbatasan gerak sendi.
Tips manajemen : banyak cedera mungkin berhasil disembuhkan tanpa operasi oleh tindakan fisioterapi dan pemantauan dari rehab medis. Jika diderita lama, operasi mungkin diperlukan. Fisioterapis bekerja sangat dekat dengan praktisi kesehatan, sports physicians dan ahli bedah ortopaedi untuk membantu pemulihan dan rehabilitasi.

CEDERA OVERUSE
    Hal ini sangat sering terjadi dari pada cedera akut, dan biasanya berakibat pada pattelo-femoral joint atau tendo patela. Jika dibiarkan tidak ditangani seringkali akan memburuk secara progresif. Diagnosis dini dan penanganan akan mempercepat pemuluhan, dan mengurangi nyeri.
Pattelo-femoral syndrome : nyeri pattelo-femoral terjadi pada sekitar 20% populasi, dan kambuh pada berbagai aktivitas seperti mengangkat, jongkok, atau naik tangga.
Pattelar tendinopathy : tendo patela menyatukan otot paha dengan tulang tungkai. Cedera pada tendon ini dikenal sebagai “jumper’s knee”, karena seringkali terjadi dengan oleh aktivitas melompat yang berulang-ulang dan aktivitas “landing” (basket, volley, dll.).
Tips manajemen : penganan fisioterapi dibutuhkan untuk mengurangi nyeri dan disability berhubungan dengan cedera overuse lutut. Sebagai tambahan, fisioterapis dapat memberikan latihan yang bertujuan untuk menhidari faktor-faktor yang dapat memperparah cedera overuse.

DAPATKAH CEDERA LUTUT DICEGAH ?
Anda dapat mengurangi kesempatan dan keparahan cedera lutut :

~ pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga.

~ tingkatkan program latihan anda secara bertahap dengan menambah frekuensi, durasi dan intensitas, tapi jangan melampaui batas nyeri.

~ rawatlah kesehatan secara general dan perkuat tubuh bagian bawah dan flexibilitas (terutama calf, quadricep dan hamstring).

~ berlatih berdiri dengan satu kaki untuk meningkatkan keseimbangan anda dan kekuatan otot tungkai.

~ Skiers - dapatkan teknisi ski yang berkualitas untuk memeriksa binding setting (binding harus diatur sesuai berat badan dan skill level)

KAPAN BISA KEMBALI BEKERJA / BEROLAHRAGA?
    Fisioterapis anda akan berdiskusi mengenai cedera dengan anda dan menghitung seberapa lama akan pulih. Hal ini akan memakan waktu dari minggu ke bulan, tergantung pada tingkat keparahan cedera. Nyeri dan pembengkakan berhubungan dengan cedera akut mereda lebih cepat dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan ligamen dan otot untuk kembali mencapai kekuatan normal. Kembali bekerja atau berolahraga terlalu dini akan menghambat penyembuhan dan memperlama recovery.

Fisioterapis anda akan mengajarkan pada anda bagaimana membalut lutut anda, atau memasangkan knee brace pada anda jika diperlukan. Fisioterapis anda dapat membantu anda untuk merencanakan jalan lain untuk menjaga kesehatan anda dan kekuatan anda ketika anda sedang dalam masa penyembuhan dari cedera lutut.

APA YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH SPRAIN ?
Secepat mungkin, dan untuk 72 jam setelah cedera, lakukan RICE :

Rest : hanya gerakkan hingga batas nyeri

Ice : secepat mungkin, dan selama 20 menit setiap 2 jam, gunakan es atau frozen gel pack yang dibungkus handuk untk mengompres. Ini membantu mengontrol perdarahan dan nyeri serta mengurangi kerusakan jaringan sekunder.

Compression : balut dengan kuat lutut dan termasuk 5cm di atas dan dibawah sendi. Ini membantu untuk mengontrol pembengkakan.

Elevation : sesering mungkin, tinggikan tungkai lebih tinggi dari jantung anda untuk mengurangi pembengkakan.


BAGAIMANA FISIOTERAPI DAPAT MEMBANTU ?
    Fisioterapis anda akan memeriksa lutut anda untuk menentukan jenis cedera, tingkat keparahan dan penyebab cedera anda, serta dapat mengusulkan X-ray atau merujuk anda ke dokter jika perlu. Penanganan sedini mungkin akan mengurangi nyeri atau pembengkakan.

Teknik khusus yang dinamakan mibilisasi akan membantu meningkatkan pergerakan lutut anda (bila diperlukan), menunjang penyembuhan anda. Fisioterapis anda akan mengajarkan latihan-latihan untuk menjaga kekuatan lutut dan otot-otot tungkai bawah yang lain untuk menunjang kesembuhan anda dan membantu mencegah cedera selanjutnya.

REHABILITASI
     Penyembuhan dapat dimulai sedini mungkin setelah cedera. Teknik rehabilitasi fisioterapi akan membantu mengurangi waktu dimana anda merasa nyeri dan terbatas bergerak sehingga anda dapat kembali bekerja dan berolahraga secepat mungkin. Rehabilitasi juga memfasilitasi perbaikan kualitas ligamen dan pengembalian fungsi otot dan saraf kembali normal.

Hindari fakto-faktor HARM pada 48 jam pertama untuk menghindari pembengkakan lebih parah dan membantu anda untuk pulih. Antara lain : Heat, Alcohol, Running, Massage.

Sumber: archive.kaskus.us

Selasa, 27 September 2011

Bungy Jumping

Lompat bungee (bungee jumping) adalah sebuah aktivitas di mana seseorang melompat dari sebuah tempat tinggi (biasanya beberapa ratus kaki/meter) dengan satu ujung dari tali elastis yang ditempel di badan atau pergelangan kaki dan ujung talinya satunya terikat ke titik lompatan. Ketika seseorang melompat, tali tersebut tersebut akan melar setelah mengambil energi dari lompatan, dan peloncat akan terlontar balik ketika tali tersebut memendek. Peloncat akan berosilasi naik dan turun sampai energi dari loncatan habis.

Kata bungee (dibaca banji) pertama kali digunakan pada tahun 1930 dan merupakan nama dari penghapus karet.
Sejarah

Pada awal 1950-an David Attenborough dan seorang pekerja film BBC telah membawa kembali potongan "penyelam tanah" Pulau Pantekosta di Vanuatu, orang muda yang melompat dari "platform" kayu yang tinggi dengan "vine" terikat ke pergelangan kaki mereka sebagai pengetesan keberanian. Film ini menginspirasikan Chris Baker dari Bristol, Inggris untuk menggunakan tali elastis. Lompat bungee modern pertama dilakukan pada 1 April 1979 dari Jembatan Suspensi Clifton setinggi 250 kaki di Bristol dan dilakukan oleh 4 anggota Dangerous Sports Club. Para pelompat, dipimpin oleh David Kirke ditahan tidak lama kemudian, namun tetap melompat di AS dari Golden Gate dan jembatan Royal Gorge, menyebarkan konsep ini ke seluruh dunia. Pada 1982 ada pelompatan yang dilakukan dari "crane" bergerak dan balon air panas.

Sumber: wikipedia.org

Selasa, 20 September 2011

Relly dakar

Sejarah dan rute
Perlombaan berasal pada tahun 1978, setahun setelah pembalap Thierry Sabine tersesat di padang pasir dan memutuskan bahwa itu akan menjadi lokasi yang baik untuk reli biasa. Awalnya, reli itu dari Paris , Prancis, untuk Dakar , Senegal, terganggu oleh transfer di Mediterania. Namun, karena politik dan faktor-faktor lain, tentu saja, termasuk asal dan tujuan, telah bervariasi selama bertahun-tahun. Dakar telah menjadi kota tujuan pada semua namun empat kali selama periode rally diselenggarakan di Afrika (yaitu, sebelum 2009). Rally dimulai di Paris setiap tahun sampai 1995. Pada tahun 1994 reli kedua dimulai dan berakhir di Paris, namun karena keluhan oleh walikota, menyelesaikan harus dipindahkan dari Champs-Élysées ke Euro Disney . Hal ini juga menyebabkan organisasi untuk lay out reli melalui lokasi yang berbeda di tahun berikutnya.

Daftar lengkap rute
  •     1979-1980: Paris-Dakar
  •     1981-1988: Paris- Algiers -Dakar
  •     1989: Paris- Tunis -Dakar
  •     1990-1991: Paris- Tripoli -Dakar
  •     1992: Paris- Cape Town
  •     1993: Paris-Dakar
  •     1994: Paris-Dakar-Paris
  •     1995-1996: Granada -Dakar
  •     1997: Dakar- Agadez -Dakar
  •     1998: Paris-Granada-Dakar
  •     1999: Granada -Dakar
  •     2000: Dakar- Kairo
  •     2001: Paris-Dakar
  •     2002: Arras - Madrid -Dakar
  •     2003: Marseille - Sharm el-Sheikh
  •     2004: Clermont-Ferrand -Dakar
  •     2005: Barcelona -Dakar
  •     2006-2008: Lisbon -Dakar [4]
  •     2009: Buenos Aires - Valparaíso -Buenos Aires
  •     2010: Buenos Aires- Antofagasta -Buenos Aires
  •     2011: Buenos Aires- Arica -Buenos Aires
  •     2012: Mar del Plata - Copiapo - Lima
Sampai 2008 serangan teroris, demonstrasi yang lebih baru melewati Maroko, Sahara Barat dan masuk ke padang rumput dan padang pasir Mauritania. Segmen berjalan melalui Atar dan bukit pasir dan lembah dari Mauritania Daerah Adrar mungkin yang paling menantang di semua balap off-road . Itu adalah serangan teroris yang Mauritania menyebabkan runtuhnya Dakar klasik.

Pada tahun 1992, Hubert Auriol memenangkan Dakar di mobil setelah sebelumnya memenangkan sepeda motor kompetisi dua kali, membuatnya pembalap pertama yang menang di kedua dua dan empat roda. Kemudian, Stéphane Peterhansel berhasil melakukan hal yang sama. Pada tahun 2001, Jutta Kleinschmidt adalah wanita pertama yang memenangkan Dakar, mengendarai Mitsubishi Pajero / Montero, co-mengemudi dengan sesama Jerman Andreas Schulz.

Para Reli Dakar 2008 dibatalkan pada tanggal 4 Januari 2008 di tengah kekhawatiran serangan teroris. Hal ini menyebabkan keraguan serius atas masa depan reli. Berbagai surat kabar di Afrika disebut pembatalan sebuah "hukuman mati" untuk lomba. Chile dan Argentina, di Amerika Selatan, menawarkan wilayah mereka menjadi tuan rumah acara, serta Republik Ceko.ASO akhirnya memutuskan untuk mendirikan Seri Dakar kompetisi, yang pertama acara adalah 2008 Eropa Tengah Rally (Hungaria-Rumania), antara April 20 dan 26 April 2008. Acara 2009 diselenggarakan di kedua negara Amerika Selatan, antara Januari 3 dan 18 Januari 2009. Kompetisi telah tinggal di Amerika Selatan dari 2009 hingga sekarang (2011)
Kendaraan dan kelas

Tiga kelompok kompetitif utama di Dakar adalah sepeda (moto) kelas (termasuk quadbikes sub-kelas), yang mobil kelas, (yang berkisar dari kereta ke kecil SUV ), dan T4 truk kelas. Banyak produsen kendaraan mengeksploitasi lingkungan yang keras reli menawarkan sebagai ajang pengujian, dan akibatnya untuk menunjukkan daya tahan kendaraan mereka, meskipun sebagian besar kendaraan banyak dimodifikasi atau tujuan dibangun.
Moto kelas

Moto Kelas dibagi antara tiga kelompok.
  • Kelompok 1 adalah Marathon, yang hampir tidak dimodifikasi sepeda motor produksi, dibagi antara mesin lebih besar dan kurang dari 451 cc (28 cu in ).
  • Kelompok 2 adalah Super-Produksi sepeda, yang lebih substansial dimodifikasi dari sepeda Marathon, dibagi antara mesin lebih besar dan kurang dari 451 cc. 
  • Kelompok 3 untuk paha depan, dibagi antara mesin lebih besar dan kurang dari 500 cc.
Sepeda motor menang termasuk yang dibuat oleh Honda , KTM , Yamaha dan BMW .
Mobil kelas-T1, T2 dan Buka
Stéphane Peterhansel di Dakar 2011. Ia memenangkan 9 kali Dakar.

Kelas mobil terdiri dari kendaraan berat kurang dari 3.500 kg (£ 7.716) dan dibagi menjadi beberapa kategori. Grup T1 terdiri dari Kendaraan Cross Country dan Peningkatan Grup T2 terdiri dari kendaraan Produksi Negara Seri Cross.Kelas Terbuka menerima berat badan-kualifikasi kendaraan seperti SCORE Internasional truk. 

Sumber: wikipedia.org

Rock Crawling

Merangkak Rock bentuk ekstrem dari off road mengemudi kendaraan yang menggunakan di mana saja dari saham untuk sangat dimodifikasi untuk mengatasi rintangan. Dalam merangkak rock, driver hard sangat dimodifikasi empat-wheel-drive kendaraan seperti truk, Jeep, dan "kereta" di medan sangat kasar. Lokasi mengemudi termasuk batu-batu besar, gunung kaki, tumpukan batu, jalan gunung, dll

Rock merangkak tentang mengemudi kecepatan lambat, hati-hati dan tepat, dan torsi tinggi yang dihasilkan melalui pengurangan gigi besar di drivetrain kendaraan. Crawler batu sering berkendara atas, bawah dan di rintangan yang akan muncul dilewati. Kendaraan tersebut untuk rock memanjat terutama 4x4.

Batu kisaran merangkak kompetisi dari acara lokal untuk seri nasional. Sebuah kompetisi merangkak batu terdiri dari program kendala yang sekitar 100-200 meter panjang. Setiap kendala diatur dengan gerbang, mirip dengan kursus ski.

Dasar-dasar bentuk merangkak
Kendaraan: 

Jeep Rubicon Rock Crawling
Kendaraan umum digunakan termasuk Jeep (Chrysler dan Varietas Mitsubishi), Lada Niva, Nissan Patrol, truk pikap Toyota, Land Rover dan Suzuki Samurai dan International Harvester Scout. [ kutipan diperlukan ] Kendaraan ini dilengkapi dengan komponen khusus. Power biasanya tidak masalah, karena crawler batu biasanya lebih rendah rasio gigi mereka dalam rangka untuk mendorong lebih lambat dari rintangan tanpa mengulur-ulur mesin. 
Bagian-bagian kustom dapat meliputi:
  •     penguncian perbedaan
  •     off-road lebih tinggi ban
  •     upgrade suspensi
  •     empat roda kemudi
  •     roll cage untuk perlindungan pengemudi
  •     modifikasi mesin untuk meningkatkan kinerja, sebagian besar torsi
  •     menurunkan gearing pada salah satu atau semua transmisi , transfer case (termasuk seringkali menggunakan kasus transfer kedua untuk mengurangi gearing bahkan lebih), atau perbedaan poros    derek
  •     tubuh baju besi (rocker panel, fender, dll)
  •     beadlocks (kunci ban ke pelek untuk tekanan ban rendah)
  •     perjalanan panjang peredam kejut , belenggu menjatuhkan, semi-over konversi (untuk meningkatkan perjalanan roda), coil-over musim semi / syok kombinasi, dan kelompok kontrol upgrade
Selama berukuran, tekanan rendah, menonjol, lumpur-medan ban yang digunakan. Kebanyakan kendaraan memiliki kasus-rendah diarahkan mentransfer untuk membuat torsi yang paling dalam kecepatan rendah digunakan untuk merangkak batu. Suspensi-bijaksana , kendaraan batu kadang-kadang harus merangkak setelah pasar angkat kit diinstal, meningkatkan chassis dan suspensi meningkatkan fleksibel, meskipun batu crawler menjalankan jalur keras sering dibuat sistem suspensi, atau rumah-berkumpul paket daun murah mencapai tujuan, sehingga lebih mudah untuk drive yang lebih besar atas kendala dengan resiko kerusakan pada kendaraan. Kebanyakan suspensi dibuat untuk sangat fleksibel, memungkinkan untuk jumlah maksimum daerah ban untuk menghubungi tanah, sambil menjaga kendaraan serendah mungkin. Karena sifat yang bertentangan dari dinamika dan kebutuhan merangkak batu dan kendaraan jalan raya mengemudi, tidak biasa untuk memodifikasi kendaraan semata-mata untuk off-road penggunaan rekreasi.

Setelah kendaraan dianggap "off-road hanya" yaitu tidak digerakkan di jalan dan trailered ke jalan atau taman OHV ( Off-Highway Kendaraan ), maka kemungkinan modifikasi tidak terbatas.

Mereka dengan sumber daya keuangan dapat membangun crawler batu mereka sendiri. Manfaat terbesar dari pendekatan ini adalah bahwa pemilik memiliki kontrol penuh atas apa kendaraan mereka mampu, karena setiap bagian dari kendaraan dapat dirancang. Mendapatkan sponsor dapat membantu untuk menutupi sebagian dari biaya.

Sumber: wikipedia.org

Lari maraton

Maraton adalah ajang lari jarak jauh sepanjang 42,195 km yang dapat ditempuh sebagai lomba di jalan raya maupun luar jalan raya (offroad). Nama maraton berasal dari legenda Pheidippides, seorang prajurit Yunani, yang dikirim dari kota Marathon, Yunani ke Athena untuk mengumumkan bahwa bangsa Persia telah dikalahkan pada Pertempuran Marathon. Dikisahkan bahwa ia berlari tanpa berhenti tapi meninggal begitu berhasil menyampaikan pesannya tersebut. Lari maraton harus dilakukan diluar stadion kecuali star dan finis, secara fisik dan mental merupakan keharusan bagi pelari jarak jauh. Ayunan lengan dan gerakan kaki dilakuakan seringan-ringannya. Makin jauh jarak lari yang ditempuh makin rendah lutut diangkat dan langkah juga makin kecil.

Sumber: wikipedia.org

Senin, 19 September 2011

Panco

Penemu panco Dimulai pada tahun 1952 di Gilardi Bar, di kota Petaluma California dan olah raga ini menjadi sangat populer dan akhirnya diadakan pertandingan resmi Panco ato Arm Wrestling.

cara adu panco:
olahraga kompetitif yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan teknik untuk menang. Olahraga yang dimainkan dengan dua peserta yang mencoba pin orang lain lengan ke meja. Ada lebih dari sekadar panco mencengkeram tangan lawan.

1. Mendapatkan meja. Pilih meja tempat mudah adu panco. Ada meja-meja panco khusus yang mempunyai pasak, pin garis dan siku pad untuk setiap sisi dari meja. Ini dirancang bagi Anda untuk berdiri sambil adu panco.

2. Memilih lawan. Kekuatan adalah salah satu unsur utama dalam memenangkan pertandingan panco. Kebanyakan lawan yang dipilih sebagai cara untuk memvalidasi siapa yang lebih kuat. Lengan bergulat untuk bersenang-senang dengan orang lain.

3. Tentukan apakah Anda memerlukan seorang penyiar atau wasit. Bermain dengan pesawat pin membutuhkan orang yang dapat menonton dan memverifikasi ketika pesawat pin rusak.

4. Bermain olahraga. Setiap tempat lawan siku lengan mereka gulat tangan di atas meja. Pasak mencengkeram tepi meja dengan tangan. Setelah kedua pesaing telah melakukan ini, genggaman tangan yang lain. Seorang penyiar atau wasit memeriksa posisi dan kemudian berkata "Siap-Go."

5. Ikuti aturan. Seorang pemenang menyebabkan tangan lawan untuk memecahkan pesawat pin yang membentang di setengah berlawanan Anda Anda setengah dari meja. Untuk menang, tangan lawan harus setidaknya tiga inci di atas meja.

6. Advance keahlian Anda pada lengan bergulat dengan mempelajari aspek-aspek olahraga. Mempelajari aspek dua belas lengan gulat dan bagaimana mereka mempengaruhi teknik. Kedua belas aspek yang pegangannya, tangan tinggi, posisi siku, humerus, adduksi, pergelangan tangan fleksi, siku fleksi, kembali menarik, badan dan kaki rotasi digunakan.

Petunjuk:
Pastikan bahwa Anda tidak menggunakan meja yang terlalu lebar untuk aktivitas tersebut.

Anda tidak perlu seorang penyiar atau wasit jika Anda berencana untuk mempertimbangkan lawan disematkan tangan hanya ketika benar-benar menyentuh meja.

Tidak ada bagian dari tubuh Anda selain dari tangan Anda bisa menyeberang ke sisi lawan dari meja. Jika Anda bermain tanpa seorang penyiar atau wasit, Anda harus mendapatkan lawan tangan anda menyentuh meja untuk menang.

sumber: kaskus.us
              searchgrid.org


Matador

Matador, secara harafiah berarti pembunuh, adalah seorang torero yang sangat ahli di dalam pertarungan melawan banteng. Torero adalah pelaku utama dalam pertunjukan pertarungan manusia melawan banteng di Spanyol dan negara-negara berbahasa Spanyol lainnya. Dalam pertarungan ini, seorang torero berperan mempermainkan dan pada akhirnya membunuh banteng tersebut. Torero disebut sebagai toreador dalam bahasa Inggris, tapi istilah ini hampir tidak pernah dipakai di Spanyol maupun Amerika Latin.

Hanya seorang torero yang sangat ahli yang dapat naik tingkat sebagai seorang matador dalam sebuah pertarungan melawan banteng yang disebut alternativa. Dalam pertarungan alternativa ini, seorang Novillero (petarung banteng junior) dapat melakukan pertunjukan di depan penonton dan diperkenalkan sebagai matador de toros.

Salah satu matador yang paling terkenal sepanjang masa adalah Juan Belmonte, yang teknik-tekniknya merevolusi pertarungan itu dan kemudian menjadi standar dalam penilaian matador hari-hari ini. Seorang matador yang paling sukses akan diperlakukan seperti seorang bintang, dengan pendapatan yang berlimpah, memiliki banyak penggemar, dan sering digosipkan oleh tabloid. Namun demikian, pada saat ini profesi matador tidak mendapatkan pendapatan sebesar pendahulunya pada tahun 1960-an. Media masa juga kebanyakan meliput hanya sedikit matador yang dikenal sebagai "mediaticos" yang tidak termasuk petarung-petarung top Spanyol. Dengan sifat pertarungan yang berbahaya itu, lebih dari 40 orang matador telah terbunuh di gelanggang pertarungan. Salah satu petarung paling terkenal dalam sejarah, Manolete, tewas dalam pertarungan pada tahun 1947.

Sumber: wikipedia.org

Minggu, 18 September 2011

Balap Karung

Balap karung adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Sejumlah peserta diwajibkan memasukkan bagian bawah badannya ke dalam karung kemudian berlomba sampai ke garis akhir.

Meskipun sering mendapat kritikan karena dianggap memacu semangat persaingan yang tidak sehat dan sebagai kegiatan hura-hura, balap karung tetap banyak ditemui, seperti juga lomba panjat pinang, sandal bakiak, dan makan kerupuk.
Lomba balap karung juga diapresiasi oleh pendatang dari luar negeri dengan langsung terlibat dalam perlombaan ini.

Sumber: wikipedia.org

Tarik Tambang

Tarik tambang merupakan pertandingan lomba dngan melibatkan dua regu, dengan 5 atau lebih peserta. Dua regu bertanding dari dua sisi berlawanan dan semua peserta memegang erat sebuah tali tambang. Di tengah-tengah terdapat pembatas berupa garis. Masing-masing regu berupaya menarik tali tambang sekuat mungkin agar regu yang berlawanan melewati garis pembatas. Regu yang tertarik melewati garis pembatas dinyatakan kalah.

Taktik permainan terletak pada penempatan pemain, kekuatan tarik dan pertahanan tumpuan kaki di tanah. Pada umumnya pemain dengan kekuatan paling besar ditempatkan di ujung tali, untuk menahan ujung tali saat bertahan atau menghentak pada saat penarikan.

Sumber: wikipedia.org

Gatrik

Gatrik atau Tak Kadal pada masanya pernah menjadi permainan yang populer di Indonesia. Merupakan permainan kelompok, terdiri dari dua kelompok.

Permainan ini menggunakan alat dari dua potongan bambu yang satu menyerupai tongkat berukuran kira kira 30 cm dan lainnya berukuran lebih kecil. Pertama potongan bambu yang kecil ditaruh di antara dua batu lalu dipukul oleh tongkat bambu, diteruskan dengan memukul bambu kecil tersebut sejauh mungkin, pemukul akan terus memukul hingga beberapa kali sampai suatu kali pukulannya tidak mengena/luput/meleset dari bambu kecil tersebut. Setelah gagal maka orang berikutnya dari kelompok tersebut akan meneruskan. Sampai giliran orang terakhir. Setelah selesai maka kelompok lawan akan memberi hadiah berupa gendongan dengan patokan jarak dari bambu kecil yang terakhir hingga ke batu awal permainan dimulai tadi. Makin jauh, maka makin enak digendong dan kelompok lawan akan makin lelah menggendong.

Sumber: wikipedia.org

Jumat, 16 September 2011

Main Hadang

permainan hadang biasnya dikenal dengan permainan gopak sodor, klo di jawa barat lebih dikenal dengan permainan benteng. bentuk permainannya berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang. peralatan yang dipergunakan tidak banyak hanya membutuhkan halaman atau lapangan yang cukup luas. betuk lapangannya berupa persegi panjang yang di beri kotak-kotak.

Sumber: wikipedia.org

Karapan Sapi

Karapan sapi merupakan istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi yang berasal dari pulau madura,jawa timur. Pada perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu (tempat joki berdiri dan mengendalikan pasangan sapi tersebut) dipacu dalam lomba adu cepat melawan pasangan-pasangan sapi lain. Trek pacuan tersebut biasanya sekitar 100 meter dan lomba pacuan dapat berlangsung sekitar sepuluh detik sampai satu menit Beberapa kota di madura menyelenggarakan karapan sapi pada bulan agustus dan september setiap tahun, dengan pertandingan final pada akhir September. Karapan sapi merupakan acara yang prestisius bagi masyarakat Madura, pemilik sapi karapan akan merasa status sosialnya terangkat apabila sapinya bisa menjadi juara. Hewan memamah biak ini juga dijadikan alat investasi selain emas dan uang. Tak mengherankan, bila para pemilik sapi karapan akan mengerahkan segala daya upayanya untuk membuat sapi-sapinya menjadi pemenang dalam setiap musim karapan. Sekadar diketahui, sapi karapan umumnya dari Pulau Sapudi [baca: Atlet Sapi di Pesta Karapan]. Sejak dulu, pulau kecil yang terletak di ujung Timur Pulau Madura itu memang gudangnya sapi bibit unggul. 

Sumber: wikipedia.org
             kabarmadura.com

Gasing

Gasing adalah salah satu bentuk permainan rakyat yang bersifat tradisional yang telah dikenal secara luas di seluruh pelosok Nusantara. Semua daerah yang ada di wilayah kepulauan Indonesia umumnya memiliki permainan ini. Itulah sebabnya, bangsa Indonesia yang masyarakatnya multietnik, terdiri dari berbagai suku bangsa mengenal berbagi jenis permainan gasing.
Daerah asal permainan ini dan penyebarannya secara kronologis di wilayah nusantara belum diketahui secara pasti. Data sejarah berupa naskah-naskah kuno maupun data arkeologi, baik artefak maupun non artefak tentang permainan ini belum ditemukan, hingga sulit untuk mengungkap sejarah dan penyebaran permainan gasing di wilayah nusantara secara pasti.
Menurut informasi dari orang-orang tua penggemar permainan ini, permainan gasing di wilayah Pulau Tujuh (Natuna) propinsi kepulauan Riau telah ada sejak jaman penjajah Belanda, bahkan jauh sebelum masa itu telah ada. Di wilayah Jawa Barat, permainan ini dikenal sebelum masa kemerdekaan. Sementara di wilayah Sulawesi Utara dikenal sejak tahun 30 an.

Di beberapa daerah Indonesia, permainan ini disebut dengan istilah yang berbeda, seperti permainan Gangsing atau Panggal (Jakarta dan Jawa Barat), permainan Pukang (Lampung) permainan Gasing (Jambi, Bengkulu Tanjungpinang, dan wilayah kepulauan Riau, Sumatra Barat) permainan Begasing (Kalimantan Timur), permainan Megangsing (Bali), permainan Maggasing (Nusatenggara Barat), permainan Apiong (Maluku).

Sumber: gasingindonesia.wordpress.

Galah-asin

Galah asin, galasin, atau gobak sodor adalah sejenis permainan daerah dari Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.
Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segiempat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur. Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.
kalau di makassar nama nya main asing. seorang pemain bertindak sebagai peluncur (kapten). permainan ini seru melatih ketangkasan, strategi, kecepatan, dan kecerdikan.

Sumber: wikipedia.org

Egrang

Egrang atau jangkungan adalah galah atau tongkat yang digunakan seseorang agar bisa berdiri dalam jarak tertentu di atas tanah. Egrang berjalan adalah egrang yang diperlengkapi dengan tangga sebagai tempat berdiri, atau tali pengikat untuk diikatkan ke kaki, untuk tujuan berjalan selama naik di atas ketinggian normal. Di dataran banjir maupun pantai atau tanah labil, bangunan sering dibuat di atas jangkungan untuk melindungi agar tidak rusak oleh air, gelombang, atau tanah yang bergeser. Jangkungan telah dibuat selama ratusan tahun.


Terdapat beberapa jenis egrang, yakni:
Egrang pegangan
Egrang pasak
Egrang drywall
Egrang pegas
Permainan ani sudah tidak asing lagi, mekipun di berbagai daerah di kenal dengan nama yang berbeda beda. saat ini juga sudah mulai sulit di temukan, baik di desa maupun di kota,

tetapi saat permainan ini mulai di kombinasikan dengan berbagai hal sehingga dapat berdampingan dengan dunia yang di katakan modern ini.

yang akan di ulas kali ini permainan egrang yang ada di sulawesi tengah atau di kenal dengan nama tilako.
Permainan Egrang cukup terkenal di nusantara ini misanya di daerah Sulawesi Tengah adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Di sana ada satu suku bangsa yang bernama Kaili. Di kalangan mereka ada satu jenis permainan yang disebut sebagai tilako (nama lain dari permainan eggrang), yaitu sebuah permainan berjalan menggunakan alat yang terbuat dari bambu dan pelepah sagu atau tempurung kelapa. Tilako disamping nama sebuah permainan juga sekaligus nama alat yang digunakan untuk permainan tersebut. Tilako itu sendiri merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “ti” dan “lako”. “Ti” adalah kata awalan yang menunjukkan kata kerja dan “lako” secara harafiah berarti “langkah/jalan”. Dalam permainan ini “tilako” adalah alat yang dipakai untuk melangkah atau berjalan. Permainan ini dalam dialek Rai disebut kalempa yang juga merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “ka” dan “lempa”. “Ka” adalah kata awalan yang menunjukkan kata kerja dan “lempa” berarti “langkah”.Permainan ini ada juga yang mengenal dengan nama jejangkungan.Cara memainkan permainan ini sebenarnya beragam ini hanyalah salah satu dari banyak cara.

Pemain
Permainan egrang dapat dikategorikan sebagai permainan anak-anak. Pada umumnya permainan ini dilakukan dilakukan oleh anak laki-laki yang berusia 7--13 tahun. Jumlah pemainnya 2--6 orang.

Tempat dan Peralatan Permainan
Permainan egrang ini tidak membutuhkan tempat (lapangan) yang khusus. Ia dapat dimainkan di mana saja, asalkan di atas tanah. Jadi, dapat di tepi pantai, di tanah lapang atau di jalan. Luas arena permainan tilako ini hanya sepanjang 7--15 meter dan lebar sekitar 3-4 meter.

Peralatan yang digunakan adalah dua batang bambu bata (volo vatu) yang relatif lurus dan sudah tua dengan panjang masing-masing antara 1,5-3 meter. Cara membuatnya adalah sebagai berikut. Mula-mula bambu dipotong menjadi dua bagian yang panjangnya masing-masing sekitar 2½-3 meter. Setelah itu, dipotong lagi bambu yang lain menjadi dua bagian dengan ukuran masing-masing sekitar 20-30 cm untuk dijadikan pijakan kaki. Selanjutnya, salah satu ruas bambu yang berukuran panjang dilubangi untuk memasukkan bambu yang berukuran pendek. Setelah bambu untuk pijakan kaki terpasang, maka bambu tersebut siap untuk digunakan.

Aturan Permainan
Aturan permainan egrang dapat dibagi menjadi dua, yaitu perlombaan lari dan pertandingan untuk saling menjatuhkan dengan cara saling memukulkan kaki-kaki bambu. Perlombaan adu kecepatan biasanya dilakukan oleh anak-anak yang berusia antara 7-11 tahun dengan jumlah 2--5 orang. Sedangkan, permainan untuk saling menjatuhkan lawan biasanya dilakukan oleh anak-anak yang berusia antara 11-13 tahun dengan menggunakan sistem kompetisi.

Jalannya Permainan
Apabila permainan hanya berupa adu kecepatan (lomba lari), maka diawali dengan berdirinya 3-4 pemain di garis start sambil menaiki bambu masing-masing. Bagi anak-anak yang kurang tinggi atau baru belajar bermain egrang, mereka dapat menaikinya dari tempat yang agak tinggi atau menggunakan tangga dan baru berjalan ke arah garis start. Apabila telah siap, orang lain yang tidak ikut bermain akan memberikan aba-aba untuk segera memulai permainan. Mendengar aba-aba itu, para pemain akan berlari menuju garis finish. Pemain yang lebih dahulu mencapai garis finish dinyatakan sebagai pemenangnya.

Sedangkan, apabila permainan bertujuan untuk mengadu bambu masing-masing pemain, maka diawali dengan pemilihan dua orang pemain yang dilakukan secara musyawarah/mufakat. Setelah itu, mereka akan berdiri berhadapan. Apabila telah siap, peserta lain yang belum mendapat giliran bermain akan memberikan aba-aba untuk segera memulai permainan. Mendengar aba-aba itu, kedua pemain akan mulai mengadukan bambu-bambu yang mereka naiki. Pemain yang dapat menjatuhkan lawan dari bambu yang dinaikinya dinyatakan sebagai pemenangnya.

Nilai Budaya
Nilai budaya yang terkandung dalam permainan egrang adalah: kerja keras, keuletan, dan sportivitas. Nilai kerja keras tercermin dari semangat para pemain yang berusaha agar dapat mengalahkan lawannya. Nilai keuletan tercermin dari proses pembuatan alat yang digunakan untuk berjalan yang memerlukan keuletan dan ketekunan agar seimbang dan mudah digunakan untuk berjalan. Dan, nilai sportivitas tercermin tidak hanya dari sikap para pemain yang tidak berbuat curang saat berlangsungnya permainan, tetapi juga mau menerima kekalahan dengan lapang dada. (gufron)

TRADISIONAL JAWA
Orang Jawa mengenal berbagai macam jenis permainan tradisional, yang sekarang tidak lagi ditemukan. Berbagai macam permainan tradisional tersebut memberi ruang ketrampilan bagi pemakainya. Dalam kata lain, permainan tradisional Jawa tidak menempatkan relasinya hanya pasif. Lebih dari itu harus aktif dan kreatif. Sebab, permainan tradisional Jawa memberikan rangsangan kreatif bagi relasinya.
Salah satu jenis permainan tradisional Jawa apa yang dikenal sebagai egrang. Permainan ini mengandaikan pemakai/relasinya lebih tinggi posisinya. Diluar ukuran tinggi manusia. Bahan yang dipakai sebagai egrang adalah bambu, yang dibuat meyerupai tangga, tetapi tangganya hanya satu. Kapan orang memakai egrang kakinya dinaikan di atas satu tangga, atau pustep kalau meminjam istilah sepeda motor, untuk kemudian berjalan. Jadi, pemakai egrang naik diatas bambu yang dibuat sebagai jenis mainan dan kemudian berjalan kaki.
Karena itu, orang yang memakai egrang perlu melewati proses belajar dulu, karena membutuhkan keseimbangan. Kapan keseimbangan tidak terpenuhi orang bisa jatuh dari egrang. Siapapun bisa menggunakan egrang, tidak harus anak-anak, orang dewasapun bisa menggunakannya.
Egrang bentuknya bisa pendek, tetapi bisa pula tinggi. Yang pasti, kapan orang bermain egrang, posisi tubuhnya menjadi jauh lebih tinggi dari tubuh yang sebenarnya. Persis seperti orang berdiri di tangga, atau naik di atas meja.
Namun permainan egrang sekarang tidak lagi mudah ditemukan. Mungkin malah sudah hilang. Atau barangkali, permainan egrang tidak lagi relevan di jaman sekarang. Di tengah anak-anak terbiasa dengan eskalator yang tersedia di mall: hanya berdiri tangga bisa berjalan sendiri. Egrang sepertinya memberikan “rasa susah” dari fasilitas teknologi.
Tampaknya proses membentuk kreativitas telah menemukan formula yang sama sekali lain. Tidak berawal dari kesaadaran dan inisiatif dari dirinya sendiri dan hanya sedikit sekali memerlukan dorongan dari luar seperti egrang. Kreativitas jaman sekarang memerlukan instrumen yang tidak lagi sederhana dan, sulit meninggalkan teknologi.
Karena itu, egrang adalah masa lalu yang sekedar untuk dikenang dan sulit untuk ditemukan. Anak-anak tidak lagi “mengenal” apa itu egrang dan bagaimana bentuknya. Bagaimana pula cara memakainya.
Mungkin, kembali untuk mengenalkan ingatan terhadap permainan tradisional Jawa, egrang dan jenis permainan tradisional lainnya perlu untuk dihadirkan. Bukan yang utama untuk mengembalikan “kisah masa lalu”. Namun lebih untuk memberikan referensi kultural pada anak-anak sekarang yang terbiasa dengan permainan yang serba teknologis.
Dari egrang, barangkali orang bisa menanapki jenis permainan tradisional Jawa lainnya yang sekarang sekedar sebagai kenangan.

Sumber: wikipedia
             permata-nusantara
             mainantempodoeloe

Kamis, 15 September 2011

Frofil Tony Hawk

Frank Anthony "Tony" Hawk (lahir 12 Mei 1968) adalah seorang pemain skateboard profesional Amerika pensiun dan aktor. Elang memperoleh ketenaran yang signifikan untuk menyelesaikan 900 pertama serta sebagai judul video game berlisensi nya didistribusikan oleh Activision. Ia secara luas dianggap salah satu pelopor yang paling sukses dan berpengaruh skateboard vertikal modern.

Dibesarkan di San Diego, CA, Hawk adalah digambarkan sebagai "hiperaktif" sebagai seorang anak. Orangtuanya mendukung nya skateboard karena menjabat sebagai outlet untuk energi berlebihan, dan sebagai keterampilan Hawk dikembangkan, ia menjadi pemain skateboard profesional di usia empat belas. Pada tahun 1999, ia menjadi skater pertama tanah 900. Pada tahun 2002, ia menciptakan HuckJam Boom Boom, sebuah pameran olahraga ekstrim dan tur yang diluncurkan di Las Vegas. Sepanjang karirnya, Hawk telah membuat banyak penampilan dalam film dan media lain, serta sebagai seri sendiri video game. Ia juga telah terlibat dalam berbagai kegiatan filantropi termasuk Yayasan sendiri nya Tony Hawk yang membantu membangun skateparks di daerah miskin, dan juga termasuk kolaborasi dengan atlet lain di Athletes amal untuk Hope.


Sumber: wikipedia.org

Ryan Giggs, Sudah Tua tapi Masih Berbahaya

Umurnya boleh jadi tua, tapi permainannya tetap berbahaya di lapangan. Siapa yang tak kenal Ryan Giggs? Gelandang anyar Manchester United ini masih menjadi andalan manajer MU Sir Alex Ferguson di lapangan sampai hari ini, Kamis (15/9/2011) dini hari, saat MU bertandang ke kandang Benfica di Lisbon, Portugal, untuk laga Grup C Liga Champions 2011.

Gol yang dicetak Giggs merupakan satu-satunya gol The Red Devils dalam pertandingan ini setelah sempat tertinggal 0-1 dari Benfica karena gol yang dicetak Oscar Cardoza pada menit ke-24. Pria berusia 37 tahun ini kemudian mencetak gol yang dipuji banyak pihak pada menit ke 42. Dari luar kotak penalti, dia menembakkan umpan Antonio Valencia masuk sudut kiri atas gawang Benfica. Ferguson pun menyebut golnya sebagai gol yang sangat fantastik.

Gol ini pun mengantarkan dirinya menjadi pemecah rekor dalam sejarah sepak bola Eropa. Giggs berhasil memecahkan rekor yang selama ini dipegang oleh Raul Gonzales, penyerang legendaris asal Real Madrid. Dia menjadi pemain pertama yang selalu mampu mencetak gol selama 16 musim kompetisi Liga Champions, melampaui rekor Raul yang sebelumnya tercatat selalu mencetak gol di 15 musim kompetisi.

Giggs merupakan salah satu pemain MU yang tak pernah pindah klub sejak bergabung pada tahun 1990. Jika David Beckham, pemain asal Inggris yang pernah menjadi pasangan legendarisnya di MU sudah beberapa kali pindah klub sejak bergabung dengan MU pada tahun 1993-2003, Giggs masih betah bermain untuk MU.

Setelah memecahkan rekor Sir Bobby Charlton, pemain legendaris MU yang bermain sebanyak 758 kali untuk MU, Giggs didaulat sebagai pemain yang paling banyak tampil bersama MU. Sampai 14 September 2011, situs resmi Manchester United mencatat Giggs sudah bertanding bersama MU sebanyak 880 kali dengan total 160 gol.

Ayah dua anak ini pun telah mengantarkan MU merebut gelar di berbagai liga, dua di antaranya adalah kemenangan di Liga Champions pada tahun 1999 dan 2008. Sementara itu, dengan pertandingan dini hari tadi, Giggs mencatat 500 kali bermain bersama MU di Liga Champions sejak tahun 1993.

Tahun ini adalah tahun ke-18 Giggs bermain di Liga Champions bersama MU. Selama bermain di liga ini, minimal 24 gol dicetaknya. Itu pun pada Liga Champions 1998-99. Pada Liga Champions tahun lalu saja, L'Equipe mencatat Giggs mampu mencetak 25 gol. Tak ada liga dilewatkannya tanpa produktivitas mencetak gol.

Kini, Giggs pun mengawali perjalanan MU dalam Liga Champions 2011-12 dengan golnya. Itu pun dicetaknya sambil terus berlari. Stamina pria yang doyan musik hip-hop ini seperti tak pernah habis.   Mungkin Giggs sesuai dengan peribahasa berikut ini: tua-tua keladi, makin tua makin menjadi. Umur tak menghalanginya untuk terus berlari dan mencetak gol. Giggs masih berbahaya!


Data Ryan Giggs (diolah dari berbagai sumber)
Nama Lengkap: Ryan Joseph Giggs
Lahir: Cardiff, Wales, 29 November 1973
Posisi: Gelandang
Klub: Manchester United (1990-sekarang)
Tinggi: 179.4cm
Berat: 71.9kg
Istri: Stacey Cooke
Anak: Liberty Beau dan Zachary Joseph

Prestasi bersama Manchester United (dari L'Equipe)
Premier League (12): 1992-93, 1993-94, 1995-96, 1996-97, 1998-99, 1999-00, 2000-01, 2002-03, 2006-07, 2007-08, 2008-09, 2010-11
UEFA Champions League (2): 1998-99, 2007-08
Piala Interkontinental (1): 1999
FIFA Club World Cup (1): 2008
FA Cup (4): 1994, 1996, 1999, 2004
FA Community Shield (2): 2008, 2010
Liga Inggris/Piala Carling (2): 2005-06, 2008-09

Sumber: Bola Kompas

Hafiz Gagal Hadang Lin Dan

Pebulu tangkis Malaysia Muhammad Hafiz Hashim gagal membendung langkah unggulan pertama Lin Dan di babak kedua turnamen bulu tangkis Super Series China Masters.
Juara All England tahun 2003 ini menyerah dalam pertandingan tiga gim 21-14, 18-21, 9-21. Dengan kemenangan ini, Lin Dan melangkah ke babak ke perempat final. Juara dunia tahun 2011 ini tinggal menunggu pemenang pertandingan antara dua pemain Jepang, Sho Sasaki dengan Kazushi Yamada.
Keberhasilan Lin Dan juga diikuti pemain-pemain China lainnya. Juara dunia 2010, Chen Jin melangkah ke babak perempat final dengan menaklukkan kompatriotnya Zho Wenlong 21-15, 21-13.
Sementara unggulan ketiga Chen Long mengatasi pemain Taiwan Hsueh Hsuan yi 21-16, 21-12. Adapun, unggulan lima Du Pengyu sukses menaklukkan yuniornya Wang Zhengming 21-11, 21-17.  

Sumber: Kompas.com

Klasemen dan Hasil Liga Champions 2011-2012

Berikut ini adalah hasil pertandingan fase grup Liga Champions, Selasa (13/9/2011).

Grup E
Chelsea 2-0 Bayer Leverkusen
Gol: David Luiz 67, Juan Mata 90

Genk 0-0 Valencia

Klasemen




(posisi-tim-main-menang-seri-kalah-memasukkan-kemasukan-selisih gol-poin)
1     Chelsea                               1     1        0     0    2     0     2     3
2     Valencia                              1     0        1     0     0     0     0     1
3     KRC Genk                           1     0        1     0     0     0     0    1
4     Bayer Leverkusen               1     0        0     1     0     2    -2    0

Grup F
Borussia Dortmund 1-1 Arsenal
Gol: Ivan Perisic 88; Robin Van Persie 42

Olympiakos 0-1 Marseille
Gol: Lucho Gonzalez 51

Klasemen
1     Marseille                        1     1     0     0     1     0     1     3
2     Arsenal                          1     0     1     0     1     1     0     1
3     Borussia Dortmund        1     0     1     0     1     1     0     1
4     Olympiakos                   1     0     0     1     0     1     -1     0

Grup G
APOEL Nicosia 2-1 Zenit St Petersburg
Gol: Gustavo Manduca 73, Ailton Almeida 75; Konstantin Zyryanov 63

FC Porto 2-1 Shakhtar Donetsk
Gol: Hulk 28, Kleber 51; Luiz Adriano 12

Klasemen
1     Apoel Nicosia                     1     1     0     0     2     1     1     3
2     FC Porto                            1     1     0     0     2     1     1     3
3     Shakhtar Donetsk               1     0     0     1     1     2     -1     0
4     Zenit St Petersburg             1     0     0     1     1     2     -1     0

Grup H
Barcelona 2-2 AC Milan
Gol: Pedro 36, David Villa 50; Alexandre Pato 1, Thiago Silva 90

Viktoria Plzen 1-1 BATE Borisov
Gol: Marek Bakos 45; Renan Bressen 69

Klasemen
1     Barcelona                        1     0     1     0     2     2     0     1
2     AC Milan                        1     0     1     0     2     2     0     1
3     BATE Borisov                 1     0     1     0     1     1     0     1
4     Viktoria Plzen                  1     0     1     0     1     1     0     1

Sumber: Kompas.com

 
Design by Derio Hendrabayu